logo blog

Sabtu, 06 Januari 2018

Cara Mengatasi Black Ink dan Color Ink Berkedip Pada Printer Canon Pixma

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Semangat..

Sudah banyak barangkali teman-teman yang khawatir dan tidak memahami bagaimana Solusi untuk mengatasi Mesin Printer yang mengalami Error, seperti misalnya ketika Printer teman-teman mengalami masalah tidak bisa digunakan karena Muncul Peringatan Ink Has Run Out di Monitor atau pun Kode Peringatan di Display Indikator Printer dengan Kode E16 dan banyak lagi. 

Untuk mengatasinya, teman-teman tidak perlu terburu-buru membawa Mesin Printer ke Tempat Service atau sampai ingin mengembalikannya ke tempat  membelinya. :-) (Just Kidding).
Karena, sebenarnya untuk mengatasinya, kita harus memahami beberapa peringatan maupun Kode yang terdapat di Display Indikator.

Pada pembahasan kali ini, yaitu mengenai Cara Mengatasi Black Ink dan Color Ink Berkedip Pada Printer Canon Pixma. Berikut ini akan saya bagikan bagaimana cara mengatasinya tanpa harus membawanya ke tempat service. (Dibawah ini khususnya pada Printer Canon Pixma MP258/MP280/dan Sejenisnya).


1. Pertama, Turn On dahulu Mesin Printer Canon Pixma milik anda.
2. Kemudian, Kita lakukan Print Test Page. dibawah ini langkahnya :
  • Klik pada Tombol Start di Komputer/Laptop anda.
  • Kemudian Pilih pada Pilihan Device and Printers.
  • Selanjutnya, Klik Kanan Pada Printer yang anda Gunakan pada Halaman Device and Printers, Biasanya ditandai dengan Centang Hijau. Kemudian silahkan Klik Kanan dan Pilih Printer Properties.
  • Maka akan muncul Kotak dialog Propertis seperti dibawah ini
  • Pada Tab General, Pilih Print Test Page
  • Setelah itu, Akan ada Pesan Kesalahan (Error) yang tampil di Monitor anda, Tapi Tenang saja dan abaikan saja peringatan yang muncul tersebut. Karena itu tidak mempengaruhi apa-apa.
3. Selanjutnya, kita kembali ke Mesin Printernya, Kemudian tekanlah Tombol Stop/Reset yang ada di Printer. Tekan dan tahan selama 5 - 10 Detik, tergantung pada Respon Printer, Jika Printer sudah merespon, Lepaskan tombol Stop/Reset.
4. Kemudian, tekan dan tahan Tombol Color ink (Jika Black Ink yang berkedip) dan Tekan dan tahan Tombol Black ink (Jika Color Ink yang berkedip), lakukan penahanan tombol selama 5 - 10 Detik, ini juga tergantung pada Respon Printer anda saat reseter.

Dengan mengikuti langkah diatas dengan benar, Maka Printer anda akan Otomatis Mencetak Test Page. Atau jika Mesin Printer belum melakukan cetak, Biarkan sejenak atau beberapa waktu, mungkin saja sedang dalam Proses untuk kembali ke Pengaturan utamanya/Pengaturan Pabrik.
Lakukanlah Print Test Page kembali tanpa menekan Tombol Stop/Reset + Color/Black.

Disini saya juga Membagikan, Mengatasi Printer yang Mengalami Error dengan Kode Indikator E08, Dibawah ini :

Cara Reset Canon MP287 yang mengalami Error E08

1. Hidupkan Printer Canon MP287,
2. Jika pada Display Indikator menampilkan Kode Error E08, dan ada Keterangan " The Ink Absorber is Almost Full" dilayar Monitor, Maka Printer memang Harus di atasi dengan meresetnya.
3. Download File Resetter MP287 yang tersedia Di Google terlebih dahulu.
4. Kemudian, Printer Canon MP287 harus dalam keadaan Service Mode. Caranya dibawah ini :
  • Matikan Canon MP287 yang Error E08 dengan menekan tombol Powernya. Jangan Cabur kabel Powernya dari listrik.
  • Tekan dan Tahan Tombol Stop/Reset diikuti dengan menekan Tombol Power. Jadi kedua tombol posisi tertahan dan jangan dilepas hingga ada Pemberitahuan lebih lanjut.
  • Lepas Tombol Stop/Reset tanpa melepas Tombol Power.
  • Dalam keadaan tombol power masih tertekan, tekan tombol Stop/Reset sebanyak 6 Kali.
  • Kemudian lepaskan kedua tombol secara bersamaan. Maka setelah itu Canon MP287 anda akan berada dalam Kondisi Mode Service (Service Mode).
5. Pada Display Indikator MP287 akan Blank/Gelap dan Di Komputer anda akan mendeteksi Sebuah Hardware baru. Abaikan saja bila itu terjadi.
6. Langkah selanjutnya, Ekstrak dan Jalankan Service Tool MP287 untuk Printer MP287 Error E08 yang anda Download sebelumnya.
7. Pada tab menu Absorber pilih Main & Platen kemudian Klik SET disebelah kanannya.
8. Selesai, itulah cara untuk mengatasi dan Mereseter Error E08 Pada Printer MP287.

Demikianlah Cara Mengatasi Black Ink dan Color Ink Berkedip Pada Printer Canon Pixma, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang mengalami Kesulitan dalam mengatasinya.

Jika ada Kesulitan silahkan hubungi kami dibagian Contact.
Selamat Bekerja Keras dan Bekerja Cerdas.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

40 komentar

Tq mass buat infonya... alhamndulillah berhasil😎

Coba di ulang gan caranya, insyaallah bisa

Kalau test print nya bisa tapi lampunya masih berkedip itu gimana ya mas

@Amalia Firdhausya, Kalo Lampu berkedip itu memang pasti terjadi, karena tinta didalam kepala pencetak/Catridgenya sudah tidak ada Tinta Pabrikannya, dan kalau pakai infus, maka catridge akan mengambil tinta dari infus.
Lampu masih berkedip gak bermasalah :)

Test print bisa tapi lampu color ink dan black ink masih kedip2 apa ngk masalah jg??

Gak masalah lampu kedip2 gan, yang jelas printer tetap bisa digunakan. dan jika menggunakan infus, tinta akan tetap mengalir dari infus untuk mengarah kedalam Catridge gan

Untuk ngeprint sesuatu bisa. Tapi pada saat ngeprint ada tulisan low ink dan lampu black ink berkedip. Apakah itu bermasalah?

Hallo kakak @Inaki,
Untuk halnya low ink dan led black ink menyala itu bukan suatu masalah yang berarti, itu disebabkan karena catridge kehabisan tinta pabrikan dan jika kakak menggunakan Infus, maka catridge otomatis mengambil tinta dari infus tsb.

gimana cara mengatsi canon g2570s yg tdkbs fotocopy... klw lampu laserx menyala normal aja. tp ketika ditekan tombol start pada black atw color tdk bs fotocopy.
mohon petunjukx..........thankz

Okee, terimakasih infonya min

Lampu color ink kedip2 dan lampu black ink nyala terus, itu kenapa ya? Hasil print pun tidak sama, padahal tinta full, kenapa ya?

Alhamdulillah, sukses,
Trims pencerahannya bro...essssip!

lampu color ink berkedip dan lampu black ink tetap menyala meski sdh d isi tintanya,it knpa ya?? Tpi hasil printnya tdk bermasalah ap it tdk bermasalah!

Allhamdulillah semoga ilmu yg agan dan sis bagikan disini menjadi amal sholeh di akhirat kelak. Akhirnya printer saya kembali normal. Terima kasih banyak.

Mohon maaf, saya pengguna printer mg2570s. Catridge saya sudah refill tetapi indikator warning dan black ink masih berkedip. Padahal sudah saya isi sampai hampir luber. Digunakan untuk print pun tidak bisa. Mohon solusinya😭😭😭. Printer baru masa udah rusak 😭😭😭

Mohon maaff.kalo lampu color ink nya nyala tapi angka yang d bacaaan MP287 itu tidak menetap kadang 1 3 dan 6 secara berangtian..dan semua tombol tidak berfungsi.it gimana ya min

Yang saya masi tidak bisa di print mas, ada bacaan user intervention

Lampu color ink dan black ink masih berkedip bersamaan dan hasil print tidak sempurna,terdapat garis2 di hasil print,gimana cara mengatasi nya mas.

Terimah kasih. Sangat bermanfaat

Pak bgm mengatasi canon pixma 2570s. Waktu sebelum isi tinta black ink nya menyala warna orange. Tp setelah saya isi tintanya full, sy padamkan dan nyalakan lg printernya. Lampu black ink nya ttp nyala warna orange.
Bgmaina cara membetulkannya agar warna nya kembali hijau.. Tks

@panji itu tidak akan mempengaruhi hasil cetak mas, bukan masalah yang harus ditakutkan hihi.. Hanya berbagi (y)

Maaf gan numpang nanya, kemarin kan pada saat mau ngeprint di tampilan indikator tinta yg ada dikomputer itu gambar tinta hitamnya mau habis, jd sy isi lah lg tintanya. Kebetulan printer sy cannon mp237 dan bukan infus. Setelah sy isi kembali tintanya, gambar indikator tinta hitam yg di komputer sy tetap kosong dan lampu black ink nya jg menyala terus. Gimana tuh gan?

@Rangga kondisi printer tetap aman dipakai tidak mas ?? Kemungkinan itu tintanya belum kedeteksi

@Rangga, setau saya itu gak akan kenapa2 gan, karena tinta bawaan pabrikan gak sama dgn tinta yg kita beli di toko, jadi lampu indikator gak akan jadi masalah

Kenapa ya pas gantu catrdge baru lampu black tidak menyala

Bang lapu indikator sy menampilkan #o apa yg kena ini bng?

Minta pencerahannya min, printer saya mp287 E03 lampu black ink berkedip. Namun tidak mau narik kertas, padahal sensor kertas jg sudah saya coba memakai sensor printer yg normal hasilnya tetap display E03,dilayar monitor ada perintah menekan tombol color ink, lampu display loading namun kembali lg E03 begitu seterusnya

Lampu tetap berkedip" dan selang infus notmal,tpi jika print buat ngeprint file atau gambar yg terlalu mencolok warna,kok warnanya jadi rusak dan gak ssuai ya,itu gmna?

Jika lampu indikator hitam menyala terus, pada tampilan monitor pencetakan tanda seru dan hasil cetaknya hitam tidak keluar tapi hitam untuk logo perusahaan keluar. Masalahnya apa itu ya Pak ? Terimakasih.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Minta pencerahan nya min, saya pakai printer Canon MG2570s dan tidak terlalu sering digunakan tapi mengapa lampu black ink nya menyala terus dan berwarna orange, dan saat saya mengeprint hasil tinta hitam nya tidak bagus (hilang2), dan pada saat saya test print lampu pada color ink nya jadi ikut2an menyala berwarna oranye, itu bagaimana ya min? Terimakasih

tidak ada tombol untuk color ink ataupun black ink mas.. cuma lampu doang itu. Gimana pencet nya?

yang ni , sama je kan untuk canon pixma yang lain ? boleh ikut kan ? harap ada yang faham bahasa malaysia .

Mau nanya kak, kalo lampu color ink terus menyala kenapa ya? Tapi tinta masih banyak.. terima kasih

Sangat membantu Bang.... Terimakasih banyak....🙏🙏🙏🙏🙏🙏

Mas minta tolong ya printer saya bermasalah lampu alram, black dan color berkedip semua. Tipe printer saya Canon Pixma E410.